SISTEM INFORMASI PERUSAHAAN


MATAKULIAH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN


PENGERTIAN

• Sistem Informasi Perusahaan ( Enterprise Information System / EntIS) adalah : suatu sistem berbasis komputer yang melakukan semua tugas akuntansi standar bagi semua unit organisasi
secara terintegrasi dan terkoordinasi.

• EntIS mengakumulasi semua data transaksi akuntansi dari bagian manufaktur, penjualan, pembelian, sumber daya manusia dan berbagai fungsi bisnis lainnya.

• Tujuannya adalah mengumpulkan dan menyebarkan data ke seluruh proses organisasi.

• EntIS menyediakan data yang digunakan manajer untuk membuat sebuah keputusan dalam merencanakan danmengendalikan proses bisnis


Evaluasi Sistem Informasi Perusahaan

- Awalnya adalah untuk membuat suatu tempat penyimpanan yang dapat diakses oleh seluruh sumber daya yang ada diperusahaan.

- Diawali dengan Sistem Pengolahan Transaksi yang meliputi pencatatan dan perhitungan yang bersifat administratif yang menggambarkan kegiatanperusahaan.

- Sistem Informasi Manajemen. Alasan : karena manajer tidak puas hanya menghitung apa yang telah terjadi dalam bisnis, mereka ingin mengendalikan operasi dan merencanakan masa depan.

- Sistem Perencanaan Kebutuhan Material (MRP - Material

Requirement Planning ) dikembangkan di area manufaktur untuk mengatasi masalah pengendalian persediaan yang rumit.

- Dilanjutkan dengan Sistem MRP II.

- MRP II adalah label yang diberikan pada sistem informasi yang mencakup arus material dari pemasok, melalui proses manufaktur hingga ke pelanggan perusahaan dalam bentuk barang jadi.

• Kelebihannya dibandingkan MRP I adalah, dalam MRP II semua proses bisnis yang sebelumnya merupakan proses yang terpisah-pisah disatukan dalam sebuah perencanaan.

• Sistem Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (Enterprise Resource Planning – ERP). Disini semua informasi mengenai berbagai proses didalam batas perusahaan dikonsolidasi. Dibutuhkan komitmen dari sumber daya perangkat keras komputer, perangkat lunak yang canggih, sistem manajemen
database serta pemakai yang terlatih.

Artikel di atas hanya sebagian yang di tampilkan,
Silahkan sobat download yang lebih lengkap melalui link di bawah ini :



DOWNLOAD PDF



0 Response to "SISTEM INFORMASI PERUSAHAAN"

Posting Komentar

Visitor